UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 050729 TG. PURA T.A 2013/2014

Sari, Juria (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 050729 TG. PURA T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 11012111004 COVER.pdf]
Preview
Text
11012111004 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 11012111004 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
11012111004 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 11012111004  KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
11012111004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 11012111004  ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
11012111004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 11012111004 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
11012111004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 11012111004  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
11012111004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 11012111004  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
11012111004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 11012111004  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
11012111004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 11012111004  BAB I.pdf]
Preview
Text
11012111004 BAB I.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 11012111004 BAB V.pdf]
Preview
Text
11012111004 BAB V.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 11012111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11012111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview

Abstract

Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi siswa kelas V SD Negeri 050729 Tg. Pura terhadap pembelajaran IPS yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kurangnya motivasi yang diberikan guru kelas, pembelajaran yang kurang menarik dan kurangnya variasi metode dan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas. Batasan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jasa-jasa tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan Jasa-Jasa Tokoh Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 050729 Tg. Pura T.A 2013/2014. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki di SD Negeri 050729 Tg. Pura. Objek dari penelitian ini adalah model pembelajaran talking stick yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Jasa-jasa Tokoh Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan angket. Berdasarkan analisis data observasi pada kondisi awal diperoleh data 16 orang siswa masih belum mencapai nilai minimal (memiliki motivasi rendah) dalam bentuk persentase 53,33%, dan 14 orang siswa telah mencapai nilai minimal (memiliki motivasi tinggi) dalam bentuk persentase 46,67% dari nilai minimal yang ditentukan yaitu 7.00. Pada siklus I pertemuan 1 diperoleh data peningkatan motivasi belajar siswa yaitu 6 orang siswa bermotivasi tinggi dalam bentuk persentase 20% dan pada pertemuan 2 yaitu 10 orang siswa bermotivasi tinggi dalam bentuk persentase 33.33% dari jumlah siswa secara keseluruhan. Dan pada siklus II persentase motivasi belajar siswa semakin meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat motivasi belajar siswa, yaitu: pada pertemuan 1 terdapat 18 orang siswa bermotivasi tinggi dalam bentuk persentase 60.00% dan pada pertemuan 2 terdapat 28 orang siswa bermotivasi tinggi dalam bentuk persentase 93.33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 050729 Tg.Pura. oleh karena itu, model pembelajaran talking stick dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.89 Sar u
Keywords: Hakikat Belajar; ilmu Pengetahuan Sosial; Motivasi Belajar; Fungsi Motivasi; Talking Stick; Hipotesis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 03 Aug 2016 03:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7486

Actions (login required)

View Item
View Item