Tambunan, Sri Hadijah (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) PADA SISWA KELAS V SDN 101868 DESA SENA KECAMATAN BATANG KUIS T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311101 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
109311101 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
109311101 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
109311101 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
109311101 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109311101 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109311101 Bab I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
109311101 BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
109311101 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109311101 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Mencari Pasangan (Make a Match) terhadap meningkatkan kemampuan siswa pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas V SDN 101868 Desa Sena Kecamatan Batang Kuis.Adapun masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Mencari Pasangan (Make a Match ) dapat meningkatkan kemampuan siswa pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas V SDN Negeri 101868 Desa Sena Kecamatan Batang Kuis Tahun Ajaran 2013/2014? Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 101868 Desa Sena Kecamatan Batang Kuis. Siswa yang berjumlah 27 orang siswa dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Instrument yang digunakan adalah esay tes yang berjumlah 10 item dan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran Mencari Pasangan (Make a Match). Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang lebih baik, hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk setiap siklus. Nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum pembelajaran pada materi pokok operasi pecahan diberikan adalah 54,4. Setelah dilakukan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 69,25 artinya siswa belum tuntas belajar dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 90,74 artinya siswa telah tuntas belajar. Pada saat pretest tingkat ketuntasan belajar 44,4%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I menjadi 62,96% , pada siklus II diperoleh tingkat ketuntas belajar siswa meningkat 92,59% dan secara klasikal telah mencapai standar ketuntasan dalam hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Mencari Pasangan (Make a Match) dapat meningkatkan kemampuan siswa pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas V SDN 101868 Desa Sena Kecamatan Batang Kuis T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.72 Tam u |
Keywords: | Kemampuan Belajar; Make a Match; Matematika; Pembelajaran Mencari Pasangan; Model Pembelajaran; Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7483 |