Harianja, Prendi Parlindungan (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS IV SD NEGERI 107455DOLOK MASIHUL TA 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311063 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
1103311063 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
1103311063 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
1103311063 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
1103311063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
1103311063 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103311063 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103311063 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103311063 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
1103311063 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
1103311063 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
1103311063 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievements Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Materi Pokok Bangun Ruang di kelas IV SD Negeri 107455 Dolok Masihul TA 2013.2014. Guru masih mengutamakan metode ceramah sehingga hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Keterampilan guru dalam mengelola kelas masih rendah dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan “Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SiswaDenganMenggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division(STAD) pada Mata Pelajaran Matematika DiKelas IV SD Negeri 107455Dolok Masihul TA 2013/2014. Skripsi jurusan PPSD, Program Studi PGSD FIP-UNIMED Tahun 2014”.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD 107455 Dolok Masihul yang berjumlah 35 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II.Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan pretest untuk mengetahui belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretest dari 35 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak Dari test hasil belajar tersebut maka dapat diketahui dari 35 orang siswa terdapat sebanyak 6 orang siswa 17% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 29 orang siswa 83% mendapat nilai belum tuntas. 48,85. Pada siklus I terdapat sebanyak 35 orang siswa pada saat diberikan postes pada siklus I terdapat sebanyak, sebanyak 12 orang siswa 34,28% yang mendapat nilai tuntas dengan tingkat hasil belajar tinggi, sebanyak 23 orang siswa yang mendapat nilai tidak tuntas dengan tingkat hasil belajar sangat rendah, dengan rata nilai rata-rata 55.42. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 32 orang siswa 91.42% mendapat nilai tuntas dengan tingkat hasil belajar sangat tinggi, sebanyak 22 orang siswa 62.85% yang mendapat nilai tuntas dengan tingkat hasil belajar tinggi, sebanyak 3 orang siswa 8,57% yang mendapat nilai tidak tuntas dengan tingkat hasil belajar rendah dengan rata-rata nilai rata-rata 85,14. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 107455 Dolok Masihul Tahun Ajaran 2013/2014.Oleh karenanya guru perlu meningkatkan keterampilan mengajarnya dengan menggunakan metode Student Teams Achievement Division (STAD) sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya materi pokok bangun ruang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.72 Har m |
Keywords: | Konsep Belajar; STAD; Hasil Belajar; Sifat Bangun Ruang; Pembelajaran Kooperatif; Kubus; Balok |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7480 |