Khairani, Donna (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 086 PANYABUNGAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101111007 Cover.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
1101111007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
1101111007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
1101111007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
1101111007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
1101111007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1101111007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1101111007 BAB I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
1101111007 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1101111007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Tokoh-tokoh Pergerakan Nasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 086 Panyabungan yang berlokasi di Jln. Dalan Lidang, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 36 orang siswa yang terdiri dari 26 siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Tokoh-tokoh Pergerakan Nasional dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan angket.Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan adanya peningkatan, hal ini dapat dilihat pada persentase tingkat motivasi siswa pada siklus I sebesar 36,10% yang tergolong rendah dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,90% yang tergolong sangat tinggi. Sedangkan hasil angket pada kondisi awal mulanya hanya 13,88% yang tergolong sangat rendah dan pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 88,88% yang tergolong sangat tinngi.Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 086 Panyabungan pada pelajaran IPS materi Tokoh-tokoh Pergerakan Nasional. Dan disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dalam menyampaikan materi pada pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.89 Kha p |
Keywords: | Motivasi Belajar; Hakekat Facilitator & Explaining; Pembelajaran Cooperative; Hakekat Pembelajaran IPS; Model Pembelajaran; Materi Pelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7472 |