Pandiangan, Irene Lydwina (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS V SD NEGERI 102061 BANGUN BANDAR T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1102111003 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1102111003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (896kB) | Preview
1102111003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
1102111003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
1102111003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
1102111003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
1102111003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
1102111003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
1102111003 BAB I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
1102111003 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
1102111003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih berorientasi pada pembelajaran yang konvensional yaitu menempatkan siswa sebagai pendengar saja sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPS materi jasa dan peran tokoh di sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 102061 Bangun Bandar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam peneltian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 102061 Bangun Bandar yang berjumlah 21 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada materi jasa dan peran tokoh di sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia di SD Negeri 102061 Bangun Bandar.Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan observasi. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda yang dilakukan sebanyak 3 kali. Masing-masing terdiri dari 10 butir soal. Analisis data dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar siswa. Secara Individual siswa dikatakan tuntas jika telah memenuhi standar nilai KKM yang telah ditentukan sekolah untuk mata pelajaran IPS yaitu ≥ 65 dan secara klasikal dikatakan tuntas jika ≥ 70% siswa yang tuntas belajar.Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 102061 Bangun Bandar menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil pre test diperoleh ketuntasan belajar 23,80% dengan nilai rata-rata kelas 45,2. Setelah dilaksanakan Siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 42,85% dengan nilai rata-rata kelas 68,0 serta kompetensi guru dalam mengajar sebesar 66,66%. Pada Siklus II Ketuntasan belajar meningkat menjadi 85,7% dengan nilai rata-rata kelas 86,1 serta kompetensi guru dalam mengajar sebesar 84,72% . Peningkatan hasil belajar dari kedaan awal (pre tes) ke siklus I sebesar 19,05% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 42,85%.Dari tindakan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran make a match pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.89 Pan m |
Keywords: | Hakikat Belajar; Make A Match; Hasil Belajar; Hakikat Pembelajaran IPS; Model Pembelajaran; Materi Pelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7471 |