Hutabarat, Aslina Hotmauli (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEBATE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101768 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101111003 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1101111003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
1101111003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
1101111003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
1101111003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
1101111003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1101111003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1101111003 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1101111003 BAB I.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
1101111003 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1101111003 DAFTAR PUSATAKA.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1101111003 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1101111003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 101768 Tembung dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran debate dengan yang belum menggunakan metode pembelajaran debate pada pembelajaran IPS materi usaha mempersiapkan kemerdekaan di kelas V SD Negeri 1018768 Tembung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode debate dapat meningkatkan keterampilan bertanya pada materi pokok Usaha Mempertahankan Kemerdekaan siswa kelas V SD Negeri 101768 Tembung Tahun Ajaran 2013/2014”.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 34 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V pada tahun ajaran 2013/2014, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran IPS berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan observasi dan memberikan angket keterampilan. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan. Sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan pembelajaran Debate, tampak siswa masih kurang terampil dalam bertanya tetapi tetapi setelah dilakukan siklus I menggunakan pembelajaran debate terjadi peningkatan keterampilan bertanya siswa melalui observasi dan angket yaitu hingga akhir siklus I terdapat 6 orang (17,6%) yang terampil, 11 orang (32,4%) yang cukup terampil, dan 17 orang (50,0%) yang masih kurang terampil. Selanjutnya setelah dilakukan sikus II, terdapat 7 orang (20,7%) yang sangat terampil bertanya, 22 orang (64,6%) yang terampil dan 5 orang (14,7%) yang sudah cukup terampil bertanya. Dan dapat juga dilihat pada siklus pertama dengan jumlah 2465 dan rata-ratanya 72,5, dan pada siklus ke dua meningkat dengan jumlah 2714 dan rata-ratanya 79,82. Dan pada kegiatan observasi guru dalam melaksanakan pembelajaran pada pertemuan 1 siklus I dengan jumlah 26 dan rata-ratanya 65 (baik), pada pertemuan 2 siklus I dengan jumlah 30 dan rata-ratanya 75 (baik), pada pertemuan 3 siklus II dengan jumlah 33 dan rata-ratanya 82,5 (baik), dan pada pertemuan 4 siklus II dengan jumlah 38 dan rata-ratanya 95 (sangat baik).Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran debate dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas V SD Negeri 101768 pada pelajaran IPS dalam materi usaha mempertahankan kemerdekaan. Dan disarankan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran debate dalam menyampaikan materi pada pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.89 Hut m |
Keywords: | Keterampilan Bertanya; Pembelajaran IPS; Metode Pembelajaran; Materi Pelajaran IPS; Metode Debate; Hipotesis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7468 |