Sitompul, Boby Swastino (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 105287 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211920481 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
071211920481 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
071211920481 PREFACE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
071211920481 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
071211920481 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
071211920481 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
071211920481 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
071211920481 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
071211920481 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
071211920481 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
071211920481 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang dikarenakan strategi pembelajaran yang digunakan guru bersifat konvensional, guru tidak melibatkan siswa untuk aktif selama pembelajaran, sehingga siswa sulit memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran MATEMATIKA pokok bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) pada siswa kelas IV SD 105287 Tembung. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-B SD Negeri 105287 Tembung dengan jumlah 36 orang siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes pilihan berganda serta lembar kerja siswa pada setiap siklus. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Sebelum melaksanakan pembelajaran terlebih dahulu peneliti melaksanakan pretes (tes awal). Dari hasil tes awal menunjukkan darri 36 orang siswa hanya 8 orang (22,22%) siswa yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 50,0. Setelah dilakukan siklus I Terdapat sebanyak 21 orang (58,33%) siswa yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 64,72. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 36,11% dari hasil tes sebelumnya. Dari hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus II, terdapat sebanyak 29 orang (80,56%) siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75,27. Jika dibandingkan pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 22,23%. Dengan melihat nilai pada siklus II, bahwa siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sehingga tidak perlu melakukan perbaikan lagi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 105287 Tembung. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini dapat dijadikan alternative bagi guru dalam mengajarkan mata pelajaran Matematika khususnya pokok bahasan Kelilidan Luas Bangun Datar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.72 Sit m |
Keywords: | Hasil Belajar; STAD; Metode Mengajar; Materi Keliling; Metode Pembelajaran Kooperatif; Luas Bangun Datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7466 |