Iranda, Kautsar (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 101866 BATANG KUIS TA. 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111034 COVER.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
1103111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
1103111034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
1103111034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
1103111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
1103111034 TABLES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
1103111034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
1103111034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
1103111034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
1103111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
1103111034 APPENDINGS.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi pokok pengaruh gaya terhadap gerak benda di kelas IV SDN 101866 Batang Kuis Tahun Ajaran 2013 2014 Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran IPA materi Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda di kela IV SDN 101866 Batang Kuis TA 2013 2014 Peneliti membatasi masalah yang akan diteliti sehingga penelitian ini difokuskan pada meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi pokok pengaruh gaya terhadap gerak benda di kelas IV SDN 101866 Batang Kuis TA 2013 2014Kerangka konseptual dalam penelitian ini adalah dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Hipotesis penelitian ini adalah penggunaan metode eksperimen pada materi pengaruh gaya terhadap gerak benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101866 Batang Kuis Tahun Ajaran 2013 2014Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK yaitu suatu kegiatan penelitian yang dilakukan secara sistematis dari upaya melakukan tindakan tindakan dalam pembelajaran berdasarkan refleksi mereka mengenai tindakan tersebut Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101866 Batang Kuis dengan jumlah 35 orang yang terdiri dari 17 orang perempuan dan 18 orang laki laki Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode ekperimen pada mata pelajaran IPA materi pokok pengaruh gaya terhadap gerak benda di kelas IV SDN 101866 Batang Kuis TA 2013 2014 Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan desain Suhardjono Pengambilan data dilakukan dengan memberikan test kepada siswa pada pre test siklus I dan siklus II dan lembar observasi untuk menilai sikap siswa saat kegiatan belajar mengajar berlangsung Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar sebagian besar siswa meningkat serta pada siklus I dan siklus II nilai rata-rata kelas masing-masing 62 29 dan 86 86 Dan untuk persentase ketuntasan klasikal adalah 57 14 dan 91 43 pada siklus II sehingga dengan demikian penelitian dikatakan berhasil pada siklus II karena telah mencapai KKM dan persentase ketuntasan klasikal dengan kriteria sangat tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 ira m |
Keywords: | Hasil belajar siswa; Sekolah dasar; Metode eksperimen; Materi pengaruh gaya; Pembelajaran IPA terhadap gerak benda |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7452 |