Paramita, Yeni (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK DI TK AISYIYAH BLANGKEJEREN. TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109098044 COVER.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
109098044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
109098044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
109098044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
109098044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
109098044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
109098044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
109098044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
109098044 BAB I.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
109098044 BAB V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109098044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini (1) Minat belajar anak masih rendah dalam proses belajar mengajar. (2) Metode yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar belum bervariasi (3)Kurangnya penggunaan media gambar saat proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat belajar anak di TK Aisyiyah Blangkejeren. Teori yang digunakan menurut Sudjana, dkk (2011: 262) media gambar adalah media yang mengombinasikan fakta dan gagasan secara jelas dan kuat melalui kombinasi pengungkapan kata-kata dan gambar-gambar. Menurut Walgito (2010) yang menyatakan bahwa “minat sesuatu keadaan dimana seseorang mempunyai perhatian terhadap suatu objek dan disertai dengan keinginan untuk mengetahui dan mempelajari dan akhirnya membuktikan lebih lanjut tentang objek tertentu”. Jenis penelitian ini eksperimen. Sampel dalam penelitian B1 20 orang sebagai kelas eksperimen dan B2 20 orang sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi. Sebelum pengujian hipotesis (uji-t) terlebih dahulu diuji normalitas menggunakan Liliefors, dan homogenitas menggunakan uji F. Dari analisa data observasi akhir minat belajar anak dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05 berturut-turut diperoleh thitung ≥ ttabel 29,09 ≥ 1,69 dengan dk = (n1 + n2 – 2) dan ttabel diperoleh dari hasil interpolasi. Maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media gambar terhadap minat belajar anak di TK Aisyiyah Blangkejeren.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.2 Par p |
Keywords: | minat belajr; media gambar; media pembelajaran; karakteristik media gambar; kelebihan dan kelemahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7433 |