Sihombing, Irani Juwita (2013) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B DI TK MUTIARA HANDAYANI KECAMATAN MEDAN POLONIA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113025 COVER.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
109113025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (828kB) | Preview
109113025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109113025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109113025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113025 BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
109113025 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adanya sebagian anak yangbelum pasih dalam berbahasa dan berbicara (verbal linguistik), (2) Kurangnyapengetahuan guru untuk menciptakan metode yang berguna untuk meningkatkankecerdasan verbal linguistik anak, (3) Kurangnya kesempatan anak untukberinteraksi langsung dengan guru dan temannya dalam meningkatkanbahasanya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan verballinguistik anak melalui metode bermain peran pada kelompok B di TK MutiaraHandayani Kecamatan Medan Polonia Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dan subjekdalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Mutiara HandayaniKecamatan Medan Polonia tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 oranganak.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknikobservasi. Teknik analisi data dilakukan dengan cara mencari tingkat kecerdasanverbal linguistik anak secara individu, mencari rata-rata tingkat kecerdasanverbal linguistik anak, dan mencari nilai kecerdasan verbal linguistik anak secaraklasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awal rata-ratakecerdasan verbal linguistik anak masih 49,5%. Setelah dilakukan tindakan padasiklus I ditemukan hasil bahwa rata-rata kecerdasan verbal linguistik anak telahmenunjukkan peningkatan yaitu 60%. Pada tindakan siklus II setelah dilakukanperbaikan terhadap kesalahan-kesalahan yang terjadi pada siklus I, maka rata-rata kecerdasan verbal linguistik anak telah meningkat hingga 93,6%.Maka sebagai kesimpulan adalah metode bermain peran dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak pada kelompok B di TK Mutiara Handayani Kecamatan MedanPolonia Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.012 4 Sih u |
Keywords: | Kecerdasan verbal linguistik; Teknik pengembangan bahasa; Metode bermain; Prosedur bermain; Peranan guru atau pimpinan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7429 |