Koto, Ririn Triana (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI KELAS IV SD N 060882 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311070 COVER.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
1103311070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
1103311070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
1103311070 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103311070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1103311070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103311070 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103311070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103311070 BAB I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
1103311070 BAB V.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
1103311070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi pokok Bangun Ruang dan Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana dengan menggunakan metode diskusi pada kelas IV SD Negeri 080882 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Untuk menjawab permasalahan tersebut pendekatan penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Subyek yang terlibat dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060882 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 28 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskusi, yaitu suatu cara penyajian bahan pelajaran dimana guru memberi kesempatan kepada para siswa (kelompok-kelompok siswa) untuk mengadakan perbincangan ilmiah guru mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan, atau menyusun berbagai alternatif pemecahan atas suatu masalah.Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar Matematika materi pokok Bangun Ruang dan Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana sebelum diterapkan dengan menggunakan metode diskusi pada kelas IV SD Negeri 060882 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 adalah kurang dengan nilai rata-rata 39,52 dan hanya 5 siswa (17,85%) yang berada pada level ketuntasan belajar. Hasil belajar Matematika materi pokok Bangun Ruang dan Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana setelah diterapkan dengan menggunakan metode diskusi adalah baik dengan rata-rata 81,43, sebanyak 25 siswa (89,28%) tuntas belajar dan hanya 3 siswa (10,71%) yang belum tuntas namun dalam kategori cukup (nilai 60). Ini bermakna terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pokok Bangun Ruang dan Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana sebesar 41,91 atau 71,43%.Sehubungan dengan itu perlunya guru Matematika khususnya yang mengajar di kelas IV SD Negeri 060882 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi, sebab dengan menggunakan metode diskusi terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika. Disamping itu siswa semakin termotivasi belajar karena belajar melalui pengalaman langsung memberikan kesan belajar yang mendalam bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.92 Kot u |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Diskusi; Bangun Ruang; Bangun Ruang Sederhana |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7428 |