Bangun, Fanny Timala (2013) MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF DI TK SANDHY PUTRA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113019 COVER.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
109113019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
109113019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
109113019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109113019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
109113019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113019 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
109113019 BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
109113019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Kurangnya minat anak dalamberhitung dan berlogika (Logika Matematika), (2) Guru kurang terampil dalam membuat danmenggunakan media, (3) Kurangnya pengetahuan guru untuk menciptakan metodepembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak, (4)Kurangnya kesempatan anak untuk berinteraksi langsung dengan guru.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiridari 2 siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Objek penelitian ini adalah kecerdasan logikamatematika anak 5-6 tahun. Subjek penelitian adalah anak kelas B2 (Anggrek) di TK SandhyPutra yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki.Tindakan penelitian adalah penggunaan media manipulatif. Pengumpulan data dilakukandengan menggunakan Test Unjuk Kerja (Test Performance) yang menunjukkan perilaku yangdapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak. Analisa data dilakukan denganmenggunakan statistik deskriptif yang terdiri dari tabulasi data, menghitung rata-rata skor,interpretasi data, dan penyajian data berupa tabel dan diagram batang.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa sebanyak 1 orang anak (5%)termasuk kategori sangat baik, sebanyak 5 orang anak (25%) tergolong baik, 8 orang anak(40%) tergolong cukup, dan 6 orang anak (30%) tergolong kurang. Hal ini menunjukkanbahwasanya hasil belum mencapai kriteria keberhasilan, sehingga perlu dilakukan perbaikantindakan pembelajaran pada siklus II, yaitu mengajak anak kembali menghitung angkadengan menggunakan media manipulatif dengan lebih sabar, memperagakan kembali carapenggunaan media manipulatif sampai anak mengerti cara menggunakannya sendiri, dalammenyampaikan cara menggunakan media manipulatif, peneliti harus memperhatikan caramenjelaskan dengan kata-kata sederhana, supaya anak memahami dan mampu menggunakanmedia manipulatif tersebut, memperhatikan dan memotivasi anak dalam mengerjakankegiatan belajar yang telah diberikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.Hasil temuan penelitian tersebut diatas diperoleh kesimpulan bahwa denganmenggunakan media manipulatif dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak uisia 5-6 tahun di TK sandhy Putra Medan. Hal ini dapat dilihat dari 20 orang jumlah anakyang kecerdasan logika matematikanya tergolong sangat baik adalah sebanyak 15 orang anak(75%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.019 Ban m |
Keywords: | Logika matematika; Kecerdasan; Indikator; Media manipulatif; Kelebihan dan kekurangan; Hipotesis tindakan. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 05:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7425 |