Tarigan, Hettiany br (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA USIA 4-5 TAHUN TK SWASTA ASSISI MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113021 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
109113021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109113021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
109113021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109113021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
109113021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113021 BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
109113021 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
109113021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Permasalah pada penelitian ini adalah kurangnya kemampuan kognitif anak dalammengenal konsep bilangan usia 4-5 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipeningkatan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun dalam pengenalan konsep bilangansetelah menggunakan permainan kartu angka.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK SWASTAASSISI Medan yang berjumlah 35 orang, yang terdiri dari 18 orang anak perempuan dan17 orang anak laki-laki. Sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan permainankartu angka dalam pengenalan konsep bilangna untuk meningkatkan kemampuan kognitifanak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) yang dilakukan dalam 2siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan.Berdasarkan hasil analisis data penelitian pada siklus I kemampuan kognitif anakdalam mengenal konsep bilangan sebagai berikut, 65,71% tergolong kurang berkembang,22,85% tergolong cukup berkembang, 11,42%tergolong berkembang baik, dan belum adaanak yang berkembang sangat baik. Pada siklus II kemampuan kognitif anak dalammengenal konsep bilangan sebagai berikut, sebanyak 60% tergolong sangat berkembang,31,42% tergolong berkembang baik, 5,71% tergolong cukup berkembang dan 2,85%tergolong kurang berkembang.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan kartu angka dapatmeningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan pada usia 4-5 tahun. Disarankan menggunakan kartu angka dalam proses pembelajaran untukmeningkatkan kemampuan kognitif anak terutama dalam mengenal konsep bilangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.26 Tar u |
Keywords: | Kemampuan kognitif; Permainan kartu angaka; Pengenanlan konsep bilangan; Pentingnya pembelajaran; Manfaat pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7422 |