Sulastri (2013) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MENARA CERDAS DI TK PELANGI BAYANGKARA MEDAN T.A 2012 / 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1090980 COVER.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
1090980 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
1090980 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
1090980 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
1090980 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
1090980 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
1090980 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
1090980 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
1090980 BAB I.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
1090980 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
1090980 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun masih rendah sehingga perlu di tingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga menara cerdas dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini dilaksanakan di TK Pelangi Bayangkara, jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah penelitian ini adalah anak kelas A (Matahari) di TK Pelangi yang berjumlah 18 orang Tahun Ajaran 2012 – 2013. Penentuan kelas ini diambil berdasarkan hasil pengamatan terhadap kelas yang akan ditelitidan peneliti melihat rendahnya kemampuan kognitif anak masih rendah khususnya pada kegiatan menyusun kotak-kotak, serta kurangnya media dalam pembelajaran yang dilaksanakan guru pada anak di kelas ini serta guru kurang bervariasi menggunakan metode, sehingga anak kurang termotivasi dalam belajar. Pelaksanaan PTK dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa sebanyak 3 orang anak yang termasuk pada katagori sangat baik(16%), sebanyak 5 orang tergolong baik(22%), dan sebanyak 4 orang anak tergolong cukup(27%), 6 orang anak kurang. Hal ini menunjukan bahwasanya hasil belum mencapai criteria ke bersasilan, sehingga perlu di adakan perbaikan pada siklus II . Setelah tindakan siklus II dilakukan, maka terdapat 7 orang anak yang termasuk pada katagori sangat baik(BS)dengan persentase 75% sebanyak 9 0rang anak tergolong baik(B) dengan persentase 50%,sebanyak 2 orang tergoilong cukup (C) dengan persentase 11%. Hasil temuan penelitian tersebut di atas diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan alat peraga menara cerdas dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Pelangi Bayngkara Medan hal ini dapat di lihat dari 18 orang jumlah anak yang kemampuan kognitipnya tergolong baik adalah sebanyak 12 orang anak75%.Hasil temuan penelitian tersebut di atas diproleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan alat peraga menara cerdas dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Pelangi Bayangkara Medan. hal ini dapat di ,lihat dari 18 orang jumlah anak yang kemampuan kognitifnya tergolong sangat baik adalah sebanyak 14 orang anak(77,7%)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.2 Sul m |
Keywords: | Kemampuan kognitif; Perkembangan anak; Alat peraga menari cerdas; Karakteristik; Kelebihan dan kelemahan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7415 |