Ginting, Helda Wani Br (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN NO.040519 TANJUNG BARUS KAB.KARO T.A.2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311034 COVER.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
109311034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
109311034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
109311034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
109311034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
109311034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
109311034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
109311034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
109311034 BAB I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
109311034 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
109311034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
Abstract
IPS sering dianggap pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan dalam proses pembelajaran, sehingga banyak siswa yang belum memahami materi pelajaran dengan baik serta keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPS dengan Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV Tanjung Barus Kab.Karo T.A.2012/2013Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SDN 040519 Tanjung Barus Kab.karo yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 8 orang perempua. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 x pertemuan yang masing-masing pertemuan 2 x 35 menit. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan), dan refleksi.. Instrument yang diberikan setiap siklus berupa lembar observasi.Hasil penelitian diperoleh dengan menerapkan model TGT keaktifan mengajar guru juga meningkat yaitu dapat dilihat pada lembar observasi siklis I pertemuan 1 75% kategori cukup baik menjadi 79,41% kategori cukup baik disiklus I pertemuan 2. Selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 82,35% kategori baik menjadi 85,29% kategori baik. Berdasarkan hasil observasi tersebut dapat dilihat bahwa kekaktifan mengajar guru setiap pertemuan mengalami peningkatan dengan penerapan model pembelajaran TGT. Selain itu keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari siklus I pertemuan 1sampai pada siklus II pertemuan 2. Pada siklus I pertemuan 1 siswa yang aktif 11,54% menjadi 26,92% di siklus I pertemuan 2. Selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 siswa yang aktif 73,08% menjadi 84,61% di siklus II pertemuan 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPS dikelas IV SDN No.040519 Tanjung Barus Kab.Karo T.A.2012/2013”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Gin p |
Keywords: | Keaktifan belajar; Pembelajaran aktif; Langkah - langkah pelaksanaan TGT; Kelebihan dan kekurangan TGT; Pembelajaran IPS. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7400 |