MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 112260 GUNTING SAGA T.A 2012/2013

Maulida h.s, Efri (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 112260 GUNTING SAGA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109311020 COVER.pdf]
Preview
Text
109311020 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 109311020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109311020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of 109311020 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109311020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 109311020 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109311020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 109311020 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109311020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 109311020 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109311020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 109311020 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109311020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 109311020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
109311020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 109311020 BAB I.pdf]
Preview
Text
109311020 BAB I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 109311020 BAB V.pdf]
Preview
Text
109311020 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 109311020 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109311020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam belajar IPA. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran IPA guru menggunakan metode konvensional sehingga kurang memotivasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pengajaran langsung (Direct Intruction) pada mata pelajaran IPA pada materi pokok gaya di kelas IV SD Negeri 112260 Gunting Saga T.A 2012/2013.Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 112260 Gunting Saga yang berjumlah 28 orang siswa, 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi motivasi belajar siswa dan lembar angket motivasi belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan motivasi belajar siswa pada setiap pertemuan. Pada kondisi awal persentase motivasi belajar siswa secara klasikal hanya 35,71%. Kriteria ini masih tergolong rendah dan belum sesuai dengan harapan. Pada siklus I pertemuan 1 persentase motivasi belajara siswa secara klasikal naik menjadi 50,00% dengan kriteria sedang. Pada siklus I pertemuan 2 persentase motivasi belajar siswa secara klasikal 57,14% dengan kriteria sedang. Pada siklus II pertemuan 1 persentase motivasi belajar siswa secara klasikal naik menjadi 78,57% dengan kriteria tinggi. Pada siklus II pertemuan 2 persentase motivasi belajar siswa secara klasikal sudah sangat tinggi dengan nilai 92,85%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Model Pengajaran Langsung (Direct Intruction) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok gaya di kelas IV SD Negeri 112260 Gunting Saga T.A 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.357 Man m
Keywords: Motivasi belajar; Ciri - ciri dan fungsi; Upaya - upaya; Model pembelajaran langsung; IPA di SD; Materi pokok gaya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 27 Jul 2016 08:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7387

Actions (login required)

View Item
View Item