Servinta br.p, Debi (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN REWARD AND PUNISHMENT PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 104219 TG. ANOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111008 COVER.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
109111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
109111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
109111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
109111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
109111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104219 Tg. Anom. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran reward and punishment. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran reward and punishment pada pelajaran Matematika materi pokok Bilangan Romawi di kelas IV SD Negeri 104219 Tg. Anom.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode pembelajaran reward and punishment dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pokok Bilangan Romawi pada pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 104219 Tg. Anom. Jumlah subjek penelitian sebanyak 38 orang siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahun ajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran Matematika berlangsung.Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif.Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 6 siswa (16%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 50,4. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan metode pembelajaran reward and punishment diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 26 siswa (68%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 69,9. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan metode pembelajaran reward and punishment diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 38 siswa (100%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 83,4. Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran reward and punishment dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 104219 Tg. Anom pada pelajaran Matematika dalam materi pokok bilangan Romawi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.72 Per m |
Keywords: | Belajar; Jenis - jenis belajar; Metode pembelajaran; Reward and punishment; Pembelajaran matematika; Materi bilangan romawi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7384 |