Simanjuntak, Nurhapsah (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DI KELAS V SD NEGERI 101884 TANJUNG MORAWA TA 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313243 COVER.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
108313243 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
108313243 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
108313243 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
108313243 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
108313243 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
108313243 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
108313243 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
108313243 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
108313243 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313243 BAB I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
108313243 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
108313243 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Masalah yang di angkat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada sains di V SD Tanjung Morawa TA 2012/2013. Penelitian ini bertujuan Untuk Meningkatkan hasil belajar sains siswa dengan menggunakan Metode PBL (Problem Based Learning) pada Materi Pelajaran Bumi dan Alam Semesta di Kelas V SD Tanjung Morawa TA 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Tanjung Morawa yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan pretest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Penelitan menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran metode Problem Based Learning (PBL). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan persentase analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretest dari 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 1 orang siswa (3,33%) mendapat nilai tuntas dengan nilai (60-70), dan sebanyak 29 orang siswa (96,67%) mendapat nilai belum tuntas dengan nilai (20-60) dengan nilai rata-rata 39,9. Pada siklus I terdapat sebanyak 16 orang siswa 53,33% mendapat nilai tuntas dengan nilai (65 – 90), dan sebanyak 14 orang siswa 46,67% mendapat nilai belum tuntas (30 – 65) dengan nilai rata-rata 66,09 . Pada siklus II diperoleh sebanyak 27 orang siswa 90% yang mendapat nilai tuntas dengan nilai (65 – 100), dan sebanyak 3 orang siswa 10% yang tidak tuntas dengan nilai (60) dengan nilai rata-rata 91,1. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning (PBL) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Materi Pelajaran Bumi dan Alam Semesta di Kelas V SD Tanjung Morawa TA 2012/2013. Oleh karena itu, guru sebaiknya menggunakan metode PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains khususnya materi pokok bumi dan alam semesta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Sim m |
Keywords: | Hakikat Belajar; Hasil Belajar; Metodee Pembelajaran; Problem Based Learning; Sains; SD; Jenis Tanah; Lapisan Tanah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7373 |