Mariani, Dwi Junita (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) KELAS V SD NEGERI 104233 BANDAR LABUHAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111015 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109111015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
109111015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
109111015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
109111015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
109111015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109111015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109111015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109111015 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
109111015 BAB I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
109111015 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
109111015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunaka metode Cooperative Learning tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada materi bumi dan alam semesta di kelas V SD Negeri 104233 Bandar Labuhan Tahun Pelajaran 2012/2013.Jenis penelitian yang digunakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang berguna untuk mengungkapkan kelemahan-kelemahan siswa dalam penguasaan materi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 5 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104233 Bamdar Labuhan sebanyak 36 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah penilaian tes dan penghitungan hasil observasi.Dari hasil tes ini maka,hasil penelitian diperoleh pada saat pre test rata-rata nilai belajar siswa 43,60 dengan ketuntasan belajar 17,00% atau hanya 6 siswa yang tuntas belajar dengan kriteria dikatakan sangat kurang dan belum tuntas secara klasikal. Kemudian pada post test I siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 55,30 dengan ketuntasan belajar 38,50% atau hanya 14 siswa yang tuntas belajar dengan kriteria dikatakan cukup dan belum tuntas belajar secara klasikal. Sedangkan pada siklus II post test II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 84,00 dengan ketuntasan belajar 94,00% atau 34 orang siswa yang tuntas belajar dengan kriteria dikatakan sangat baik atau tuntas belajar secara klasikal.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Cooperative Learning tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bumi dan alam semesta kelas V SD Negeri 104233 Tahun Pelajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Mar m |
Keywords: | Hasil belajar; IPA; SD; Cooperative learning; Circ. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7367 |