Syahputra, Riko (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS LV SD NEGERI 101896 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109099028 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
109099028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
109099028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
109099028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
109099028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
109099028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
109099028 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
109099028 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
109099028 BAB I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
109099028 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109099028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah “Rendahnya motivasi belajar siswapada pelajaran Sains. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan MotivasiBelajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Scramble Pada Mata Pelajaran SainsKelas lV SD Negeri 101896 kiri hulu I Kec. Tanjung Morawa Tahun Ajaran2012/2013. Yang berjumlah 30 orang siswa. Penentuan subjek berdasarkan hasil observasi dan angket yang dilakukan peneliti terhadap guru kelas IV. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yangdilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan yang masing-masing terdiri dari 35 menit. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil angket yang diberikan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pertemuan I hasil observasi siswa persentase rata-rata nilai motivasi adalah 1,58 pada siklus I pertemuan II, persentase rata-rata nilai motivasi adalah 2,19, pada siklus II pertemuan I, persentase rata-rata nilai motivasi adalah 2,83 pada siklus II pertemuan II, persentase rata-rata nilai motivasi adalah 3,52. Dari hasil yang diperoleh dari 30 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok perubahan lingkungan di kels IV SD Negeri 101896 kiri hulu I Kec. Tanjung Morawa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Sya m |
Keywords: | Motivasi; Belajar; Unsur-unsur; Model Pembelajaran; Scramble; IPA; Lingkungan Fisik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7366 |