Malora, Mentari Ruli (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SD NEGERI 060898 MEDAN MAIMUN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311059 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
109311059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109311059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
109311059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
109311059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
109311059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
109311059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
109311059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
109311059 BAB I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
109311059 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109311059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060898 Medan Maimun, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Artikulasi sebagai sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 060898 Medan Maimun dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yang menerapkan model Artikulasi dengan yang tidak menerapkan model Artikulasi pada pembelajaran IPA materi peristiwa alam di kelas V SD Negeri 060898 Medan Maimun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pokok peristiwa alam pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 060898 Medan Maimun. Jumlah Subjek Penelitian sebanyak 40 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V pada tahun ajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran IPA berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan. Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu tidak ada siswa (7,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 29. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menerapkan model Artikulasi diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 19 orang siswa (47,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 51,2. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menerapkan model Artikulasi diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 38 orang siswa (95%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 84. Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060898 Medan Maimun pada pelajaran IPA dalam materi peristiwa alam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Mal m |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Artikulasi; IPA; SD; Materi Pengajaran; Hipotesis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7364 |