Rosita, Susi (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN ACTION LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 1 KUTAPANJANG KAB. GAYO LUES T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109099041 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
109099041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
109099041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
109099041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109099041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
109099041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
109099041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
109099041 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
109099041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
109099041 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109099041 BAB I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
109099041 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
109099041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini melangkapi kegiatan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains dengan menggunakan pembelajaran action learning pada materi pokok Sumber Daya Alam di kelas IV SD Negeri 1 Kutapanjang Tahun Ajaran 2012/2013. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains materi pokok Sumber Daya Alam dengan menggunakan pembelajaran action learning di kelas IV SD Negeri 1 Kutapanjang Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kutapanjang yang bertempat di Desa Kutapanjang, Kecamatan Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kutapanjang yang berjumlah 30 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah action learning.Hasil penelitian ini diperoleh bahwa sebelum diberikan tindakan dari hasil tes awal siswa mendapat nilai rata-rata 36,43 dengan ketuntasan klasikal sebesar 20%. Setelah dilakukan siklus I dengan menggunakan pembelajaran action learning, hasil postest tingkat penguasaan siswa meningkat menjadi rata-rata 55,33 dengan ketuntasan klasikal sebesar 40%. Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II tingkat penguasaan siswa meningkat dengan nilai rata-rata 87,73 dengan ketuntasan klasikal 83,33% atau secara klasikal siswa telah mencapai ketuntasan dalam belajar. Berdasarkan temuan dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran action learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains materi pokok Sumber Daya Alam di kelas IV SD Negeri 1 Kutapanjang Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Ros m |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Action Learning; Hakikat Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7357 |