Harahap, Ira Mei Leni (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 162107 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311044 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
109311044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109311044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
109311044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109311044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
109311044 BAB I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
109311044 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109311044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 162107 Tebing Tinggi, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Model Team Game Tournament sebagai sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Team Game Tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 162107 Tebing Tinggi dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yang menggunakan Model Team Game Tournament pada pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung Campuran di kleas IV SD Negeri 162107 Tebing Tinggi.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan menggunakan Model Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Operasi Hitung Campuran pada pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 162107 Tebing Tinggi. Jumlah Subjek Penelitian sebanyak 40 orang siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahun ajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran Matematika berlangsung.Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu tidak ada siswa (30%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 51.50 Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan menggunakan Model Team Game Tournament diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu orang siswa (55%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 66.25. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran permainan artikulasi diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 34 orang siswa (85%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 81.75Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan menggunakan Model Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 162107 Tebing Tinggi pada pelajaran Matematika dalam materi Operasi Hitung Campuran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.705 Har m |
Keywords: | Belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran; Team Gami tournament; Pembelajaran matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7355 |