Musfira, Nurya (2013) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI NOMOR 057215 LANGKAT TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109 111 048 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109 111 048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
109 111 048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
109 111 048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109 111 048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
109 111 048 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109 111 048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109 111 048 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
109 111 048 BAB I.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
109 111 048 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109 111 048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, pemberian tugas dan diskusi, pemahaman siswa tentang jaring-jaring balok dan kubus masih rendah, media yang digunakan dalam belajar kurang mendukung, rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika, dan kurangnya keaktifan belajar siswa dalam mengikuti pelajaran MatematikaTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika materi jaring-jaring balok dan kubus siswa kelas IV SD Negeri No. 057215 Langkat Tahun Ajaran 2012/2013 setelah penerapan metode demonstrasi.Metode domonstrasi merupakan metode mengajar yang menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung objeknya atau caranya melakukan sesuatu untuk mempertunjukkan proses tertentu. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku peribadi seseorang berdasarkan faktor internal dan eksternal.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 057215 Langkat yang berjumlah 23.Temuan hasil penelitian kenunjukkan bahwa hasil tes siklus I diperoleh siswa yang memiliki ketuntasan adalah 9 siswa atau 39,13% sedangkan siswa yang belum tuntas adalah 14 siswa atau 60,89%. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada pelajaran Matematika materi jaring-jaring balok dan kubus siswa kelas IV SD Negeri No. 057215 Langkat Tahun Ajaran 2012/2013 setelah penerapan metode demonstrasi masih jauh dari Kriteria Ketuntasan Minimal yang diharapkan yaitu 70%. Data hasil tes siklus II diperoleh bahwa siswa yang memiliki ketuntasan adalah 20 siswa atau 86,96% sedangkan siswa yang belum tuntas adalah 3 siswa atau 13,04%. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada pelajaran Matematika materi jaring-jaring balok dan kubus siswa kelas IV SD Negeri No. 057215 Langkat Tahun Ajaran 2012/2013 setelah penerapan metode demonstrasi sudah mengalami peningkatan dan sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yang diharapkan yaitu 70%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372 705 /Mus /p |
Keywords: | BELAJAR ; HASIL BELAJAR ; METODE DEMONSTRESI ; PEMBELAJARAN ; MATEMATIKA ; JARING JARING BALOK ; KUBUS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 06:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7349 |