Mandasari, Putri (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACING PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT DI KELAS IV SD NEGERI 101877 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311080 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109311080 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
109311080 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
109311080 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
109311080 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
109311080 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
109311080 BAB I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
109311080 BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
109311080 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101877 Tanjung Morawa, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran guided teacing sebagai sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran guided teacing, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 101877 Tanjung Morawa dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran guided teacing pada pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajah di SD Negeri 101877 Tanjung Morawa.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran model Guided Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi pokok masalah sosial di lingkungan setempat di kelas IV SD Negeri 101877 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran IPS berlangsung.Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Setelah pelaksanaan pre test awal diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 5 orang siswa (14,29%) yang mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar dengan nilai rata-rata 41,71. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran guided teacing diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 13 orang siswa ( 37,14%) yang mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar dengan nilai rata-rata 58,86. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran guided teacing diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar sebanyak 30 orang siswa (85.71%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 81,43. Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran guided teacing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101877 Tanjung Morawa pada pelajaran IPS pada pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Man m |
Keywords: | Penilaian; Hasil belajar; Materi Pelajaran; IPS; Hakikat; Model pembelajaran; Guided teaching. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7346 |