Rumapea, Roida S.M. (2013) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP PUTERI SION TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109151051 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
109151051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
109151051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
109151051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109151051 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
109151051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
109151051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
109151051 BAB I .pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
109151051 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
109151051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai kurangnya kesadaran dan kemampuan siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya. Upaya layanan bimbingan dan konseling untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dapat dilakukan yaitu melalui pemberian layanan penguasaan konten. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan penguasaan konten terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan pretest-postest one group design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Puteri Sion yang berjumlah 30 orang dengan menggunakan total sample. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok pemberian layanan penguasaan konten untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan hasil perhitungan skor rata-rata data pre test 63,69 dan skor rata-rata post test meningkat menjadi 84,6 sedangkan skor harga |thitung | sebesar 10,07 lebih besar dari ttabel sebesar 1,697. Sehingga hipotesis yang diajukan yaitu Ada pengaruh positif pemberian layanan penguasaan konten terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Puteri Sion Tahun Ajaran 2013/2014 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 Rum p |
Keywords: | Kemampuan; Berpikir; Berpikir Kreatif; Ciri-ciri Kepribadian; Layanan Penugasan Konten |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7345 |