Khairunnisa, Rifka (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101875 BATANG KUIS T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111053 COVER.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
109111053 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
109111053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
109111053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
109111053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109111053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109111053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109111053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109111053 BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
109111053 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109111053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah.. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan strategi pembelajaran course review horay dapat meninggkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi energi dan penggunaannya di kelasa IV B SD Negeri 101875 Batang Kuis T.A 2012/2013?. Dan tujuan pada penelitian ini adalah utnuk mengetahui dan menggumpulkan data hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi energi dan penggunaannya kelas IV B SD Negeri 101875 Batang Kuis T.A 2012/2013 dengan menggunakan strategi pembelajaran course review horay.Dalam penelitian ini pengertian Hasil Belajar dikemukakan oleh Winkel, Dimayati dan Mudjiono, Sudjana, Gagne, dan Bloom. Sedangkan pengertian Course Review Horay dikemukakan oleh Hamid, Endah, dan Dheviana.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV B SD Negeri 101875 Batang Kuis T.A 2012/2013 sebanyak 1 kelas, dengan 23 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pelakasanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dan tiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan harus melakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dan data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif.Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh nilai rata-rata 51. Setelah pelaksanaan siklus I, diperoleh tingkat peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 19 orang siswa (83%) dengan nilai rata-rata 70. Selanjutnya pada siklus II, diperoleh tingkat peningkatan hasil belajar siswa yaitu 23 orang siswa (100%) dengan nilai rata-rata 85.Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi energi dan penggunaannya kelas IV B SD Negeri 101875 Batang Kuis T. A 2012/2013. Saran dalam penelitian ini adalah pola pembelajaran guru hendaknya tidak monoton dengan metode ceramah dan latihan saja, tetapi bisa dikembangkan dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi yakni dengan strategi pembelajaran course review horay, sehingga siswa termotivasi untuk belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372 35 / kha /u |
Keywords: | HASIL BELAJAR ; STRATEGI PEMBELAJARAN ; CAURSE REVLAN HORSY ; IPA ; KRATESTIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 05:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7338 |