Mutiya, Noni Cut (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF WORD SQUARE PADA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101883 TANJUNG MORAWA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311069 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
109311069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
109311069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
109311069 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109311069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109311069 DAFTAR TABEL .pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109311069 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
109311069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
109311069 BAB I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
109311069 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
109311069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan dari rendahnya motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 101883 Tanhjung Morawa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif word square dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan pemanfaatan sifat-sifat cahaya dalam karya sederhana di kelas V SD Negeri 101883 Tanjung Morawa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif word square pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pemanfaatan sifat-sifat cahaya dalam karya sederhana.Masalah dalam penelitian ini yang yang dikemukakan adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya dalam karya sederhana, subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD.N.101883 Tanjung Morawa yang berjumlah 39 orang siswa, terdiri dari 15 laki-laki, dan 24 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini merupakan upaya guru dalam penggunaan model pembelajaran Kooperatif Word Square untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA. Adapun alat pengumpulan data pada saat penelitian dilakukan dua siklus.Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian motivasi belajar dapat dilihat dari peningkatan pada 8 indikator yaitu: ( 1 ). Tekun menghadapi tugas, pada siklus I (47,35%) dan siklus II menjadi (73,95%) : ( 2 ). Ulet menghadapi tugas, pada siklus I (48,35%) dan siklus II menjadi ( 72,7% ) : ( 3 ) Menunjukan minat yang tinggi pada siklus I ( 60,2% ) dan siklus II ( 72,4% ) : ( 4 ) Lebih senang bekerja sendiri, pada siklus I (49,95) dan siklus II menjadi (74,25%) : (5) Cepat bosan pada tugas rutin-rutin, pada siklus I (49,25%) dan siklus II menjadi (77,95%) : (6) dapat mempertahankan pendapatnya, pada siklus I (42,55%) dan siklus II menjadi (75,55%) : (7) Tidak mudah melepas hal yang diyakini, pada siklus I (48,65%) dan siklus II menjadi (76,9%) : (8) Senang mencari dan memecahkan masalah, siklus I (50,6%) dan siklus II menjadi 78,75%)Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Kooperatif Word Square terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD.N. 101883 Tanjung Morawa. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan dapat para guru dapat memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya dan menciptakan suasana belajar yang menarik agar dapat menarik perhatian siswa untuk lebih aktif dalam belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372 35 / Mut / m |
Keywords: | MOTIVASI BELAJAR CIRI CIRI ; WORD SQUAR ; MODEL ; PEMBELAJARAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 05:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7335 |