Rangkuti, Zuraidah (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA T.A2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311120 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109311120 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
109311120 KATA PENGHANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
109311120 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109311120 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109311120 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109311120 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109311120 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109311120 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109311120 BAB I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
109311120 BAB V .pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
109311120 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
pembelajaran Tutor Sebaya, Subjek dalam penelitian ini adalah seluruhsisiwa kelas V SDN 101768 Tembung Tahun Ajaran 2012 / 2013 yang berjumlah30 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitianini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II.Setiaap Siklus terdiri dari4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknikpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi.Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I, siklus II, sedangkan observasimeliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilaistandar ketuntasan belajarnya adalah 65.Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh nilai rata-rata adalah51 dengan rincian diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikalyaitu 4 orang siswa (13,33%) dan yang belum mencapai ketuntasan belajarsebanyak 26 orang siswa (86,67%).Setelah pelaksanaan Siklus I diperoleh nilairata-rata 65,6 dengan rincian diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswasecara klasikal yaitu 15 orang siswa (50% ) dan yang belum tuntas mencapaiketuntasan sebanyak 15 orang (50%) . Selanjutnya pada siklus II, diperoleh nilairata-rata 80,33 dengan rincian tingkat ketuntasan hasil belajar siswa lebihmeningkat yaitu sebanyak 26 orang siswa ( 86,67%) dan yang tidak mencapaiketuntasan sebanyak 4 orang (13,33%). Berdasarkan temuan dari hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkanhasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sifat-Sifat Cahaya kelas VSDN 101768 Tembung Tahun Ajaran 2012 / 2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Ran m |
Keywords: | Hasil belajar; Metode; Tutor sebaya; Cayaha; Sifat cahaya; Pembiasan; Pantulan cahaya. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7334 |