Hafni, Fitrie Felahayati (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EDUCATION GAMES PADA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SD NEGERI 050657 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311029 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109311029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
109311029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
109311029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
109311029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
109311029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
109311029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
109311029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109311029 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109311029 BAB I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
109311029 BAB V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
109311029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 050657 Stabat, dengan tujuan untuk memperoleh data peningkatan motivasi berprestasi siswa dengan menggunakan metode education games pada pelajaran sains materi pokok perubahan kenampakkan bumi dan bulan. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi berprestasi siswa dalam proses pembelajaran.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 050657 Stabat Kabupaten Langkat pada tahun ajaran 2012/2013 siswa kelas IV A yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya meningkatkan motivasi berprestasi siswa pada pelajaran SAINS materi pokok perubahan kenampakan bumi dan bulan dengan menggunakan metode Education Games. Pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah dengan observasi.Pada siklus I pertemuan I dapat dikatakan motivasi berprestasi siswa rendah dikarenakan pada tahapan pertemuan I masih terdapat 9 ( 25,92%) orang siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dari 29 orang siswa, kemudian yang mendapat kriteria motivasi berprestasi sedang ada 14 orang siswa atau ( 48,27%), selanjutnya yang mendapat kriteria motivasi berpretasi rendah ada 6 orang siswa atau 20,68%. Perolehan skor guru masih tergolong rendah yaitu dengan nilai 50. Sedangkan pada pertemuan ke 2, terdapat 12 orang siswa atau 41,37% yang mendapat kriteria motivasi berprestasi tinggi, yang mendapat kriteria motivasi berprestasi sedang ada 13 orang siswa atau 44,82%, dan yang mendapat kriteria motivasi berprestasi rendah ada 4 orang siswa atau 13,79%. Skor yang diperoleh guru adalah nilai 75. Pada siklus II pertemuan ke 3 terdapat 18 orang siswa atau 62,06% yang memiliki kriteria motivasi berprestasi tinggi, kemudian yang mendapat nilai kriteria motivasi berprestasi sedang ada 8 orang siswa atau 27,58%, dan yang mendapat motivasi berprestasi siswa rendah ada 3 orang siswa atau 10,34%, perolehan skor guru adalah nilai 90, skor guru juga mengalami peningkatan. Selanjutnya pada pertemuan ke 4 jumlah siswa yang mendpaat kategori motivasi berprestasi tinggi ada 27 orang siswa atau 93,10%, yang ,mendapat kategori motivasi berprestasi sedang ada 1 orang siswa atau 3,44%, dan yang memiliki kategori motivasi berprestasi rendah hanya ada 1 orang siswa atau 3,44%. Selain itu skor guru semakin meningkat yakni dengan skor 97,5% dan dikategorikan sangat baik.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode education games dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa setelah dilaksanakannya proses pembelajaran pada pelajaran Sains materi perubahan kenampakkan bumi dan bulan di kelas IV SD Negeri 050657 Stabat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372 357 / Haf / m |
Keywords: | MOTIVASI ; BERPRISTASI ; METODE PEMBELAJARAN ; JENIS - JENIS ; EDUCATION GAMIS ; SAINS ; SD |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 05:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7333 |