MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 050656 STABAT

Rosari, Indah (2013) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 050656 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109 111 031 COVER.pdf]
Preview
Text
109 111 031 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 109 111 031 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109 111 031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 109 111 031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109 111 031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 109 111 031 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109 111 031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 109 111 031 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109 111 031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 109 111 031 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109 111 031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 109 111 031 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109 111 031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 109 111 031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
109 111 031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 109 111 031 BAB I.pdf]
Preview
Text
109 111 031 BAB I.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of 109 111 031 BAB V.pdf]
Preview
Text
109 111 031 BAB V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 109 111 031 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109 111 031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 109111031 COVER.pdf]
Preview
Text
109111031 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 109111031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109111031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 109111031 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109111031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 109111031 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109111031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 109111031 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109111031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 109111031 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109111031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 109111031 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109111031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 109111031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
109111031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 109111031 BAB I.pdf]
Preview
Text
109111031 BAB I.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of 109111031 BAB V.pdf]
Preview
Text
109111031 BAB V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 109111031 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109111031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada materi masalah sosial dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 050656 Stabat. Sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi masalah sosial dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 050656 Stabat.Minat belajar adalah suatu keinginan seseorang yang kuat disertai dengan rasa senang untuk mendapatkan informasi, pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan perubahan tingkah laku yang menghasilkan kepuasan bagi dirinya. Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) merupakan model pembelajaran kooperatif yang pelaksanaannya dilakukan dengan membentuk kelompok diskusi yang setiap anggotanya mendapatkan nomor dimana nomor ini akan dipanggil secara acak dalam menjawab pertanyaan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV-C yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi dan angket. Kriteria penilaian minat dilakukan secara individu dan klasikal dimana persentase minimal yang ingin dicapai adalah 60%.Berdasarkan analisis data pada kondisi awal terdapat 5 orang siswa (15,63%) yang berminat pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial. Dari pelaksanaan siklus I siswa yang berminat pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial meningkat menjadi 14 orang (43,75%). Dari pelaksanaan siklus II minat belajar siswa semakin meningkat dengan 30 orang siswa (93,75%) yang berminat pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial. Data ini menunjukkan peningkatan minat belajar siswa sebesar 50% dari pelaksanaan siklus I.Dari temuan dan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi masalah sosial dalam mata pelajaran IPS di kelas IV. Oleh karena itu guru perlu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.83 Ros m
Keywords: Belajar; Minat belajar; Pembelajaran; Koopretif; NHT; Masalah sosial.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 29 Jul 2016 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7331

Actions (login required)

View Item
View Item