Nasution, Tri Astuti (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101877 TANJUNG MORAWA.T.A 2013/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109 311 111 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
109311111 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (654kB) | Preview
109311111 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109311111 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109311111 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109311111 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109311111 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
109311111 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109311111 BAB I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
109311111 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109311111 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnyaketerampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sehinggasiswa cenderung malu dan tidak berani untuk mengeluarkan pendapatnya. Olehkarena itu untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaranBahasa Indonesia materi pokok membaca teks drama di kelas V SD Negeri No.101877 Tanjung Morawa dengan menggunakan model pembelajaran Time Token.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitianini adalah siswa kelas V SD Negeri No. 101877 Tanjung Morawa yang berjumlah25 orang yang terdiri dari 15 perempuan dan 10 laki-laki. Alat yang digunakandalam pengumpulan data adalah observasi yang dilakukan pada saat pembelajaranberlangsung guna mendapatkan keterampilan berbicara siswa pokok bahasanmembaca teks drama. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan II yangmana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi. Sebelum siklus I, peneliti melakukan tanya jawab untukmelihat letak kesulitan dalam mempelajari materi teks drama.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awaldiperolah nilai rata-rata adalah : Pada siklus I pertemuan 1 terdapat 4 orang siswa(16%) yang memperoleh keterampilan berbicara, 21 orang siswa (84%) yangkurang terampil berbicara. Pengamatan yang dilakukan terhadap gurumenunjukkan nilai 65 dan pengamatan terhadap aktifitas siswadiperoleh nilai56,87.Pada siklus 1 pertemuan 2 terdapat 11 orang siswa (44%) yangmemeperoleh keterampilan berbicara, 14 orang siswa (56%) yang kurang terampilberbicara. Pengamatan yang dilakukan terhadap guru menunjukkan nilai 67,5danpengamatan terhadapak tiftas siswa diperoleh nilai 65,50.Padasiklus II pertemuan1 terdapat 21 orang siswa (84%) yang memperoleh keterampilan berbicara, 4orang siswa (16%) yang kurang terampil berbicara. Pengamatan yang dilakukanterhadap aktifitas guru menunjukkan nilai 75 dan aktifitas siswa menunjukkannilai 73,87.Pada siklus II pertemuan 2 terdapat 25 orang siswa (100%) yangmemperoleh keterampilan berbicara. Dan dari hasil pengamatan aktifitas gurumenunjukkan nilai 85, dan aktifitas siswa menunjukkan nilai 85,75.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa denganmenggunakan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan keterampilanberbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi pokokmembaca teks drama di kelas V SD Negeri No. 101877 Tanjung Morawa T.A2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Tri m |
Keywords: | Keterampilan berbicara; Time taken; Pembelajaran; Bahasa Indonesia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7330 |