Tarigan, Anjani Br. (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT MELALUI KETERAMPILAN MENCATAT METODE PETA PIKIR BAGI MAHASISWA SEMESTER II KELAS A EKSTENSI PGSD UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109151006 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
109151006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
109151006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
109151006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
109151006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
109151006 DAFTAR LAMIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109151006 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
109151006 BAB I.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
109151006 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
109151006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dengan menggunakan layanan konten strategi BMB3 teknik diskusi kelompok melalui keterampilan mencatat dengan metode peta pikir. Penelitian ini dilakukan karena ditemukan masalah keterampilan belajar mahasiswa jurusan PGSD Kelas A Ekstensi semester II Universitas Negeri Medan salah satunya adalah rendahnya kemampuan mengingat mahasiswa, dan kurangnya keterampilan mencatat yang dimiliki mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengingat melalui keterampilan mencatat dengan metode peta pikir bagi mahasiswa jurusan PGSD Kelas A Ekstensi semester II Universitas Negeri Medan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa/i jurusan PGSD Kelas A Ekstensi Semester II yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 9 orang perempuan dan 1 orang laki-laki. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 (dua) kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 5 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan daftar cek. Instrumen dalam penelitian ini digunakan lembar observasi kemampuan mengingat mahasiswa melalui keterampilan mencatat dengan metode peta pikir. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil tes AUM PTSDL diperoleh 10 (sepuluh) orang mahasiswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini mengalami masalah dalam keterampilan belajarnya terutama dalam keterampilan mencatat yang dapat mempengaruhi kemampuan mengingat mereka. Pada siklus I terdapat 4 orang mahasiswa (40%) yang mengalami peningkatan dalam kategori cukup dan 6 orang mahasiswa (60%) masih dalam kondisi yang belum mengalami peningkatan yang berarti kurang. Sedangkan pada siklus II terdapat 8 orang mahasiswa (80%)yang mengalami peningkatan yang sangat baik, 1 orang mahasiswa (10%) yang mengalami peningkatan baik dan 1 orang mahasiswa (10%) yang tetap tidak mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan mencatat dengan metode peta pikir dapat meningkatkan kemampuan menginagt mahasiswa. Oleh karena itu, keterampilan mencatat dengan metode peta pikir dapat diterapkan sebagai salah satu alternative yang dapat meningkatkan kemampuan mengingat mahasiswa di jurusan PGSD Kelas A Ekstensi Semester II Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 Tar m |
Keywords: | Kemampuan Mengingat; Mencatat; Keterampilan; Peta Pikir (Mind Map) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7325 |