tanjung, rahmadani (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN WORD SQUARE MODEL DI KELAS IV SD NEGERI 101875 BATANG KUIS TA. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111050 COVER.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
109111050 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
109111050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
109111050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109111050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
109111050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109111050 DAFTAR GAMBARr.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109111050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109111050 BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
109111050 BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
109111050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn masih rendah dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah dan lebih menekankan pada membuat catatan dari buku paket, keaktifan siswa siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dalam kegiatan KBM masih belum optimal sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 101875 Batang Kuis.Pembelajaran menggunakan model pembelajaran word square dengan berpedoman dari beberapa teori yang diberikan oleh para ahli diantaranya adalah pendapat dari Asep Mahfuds, Istarani, dan, Djohan Untung. Dengan menggunakan ketiga pendapat para ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model word square adalah model pembelajaran yang menggunakan kotak-kotak berupa teka-teki silang sebagai alat dalam menyampaikan materi ajar dalam proses belajar mengajar.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah Subjek Penelitian sebanyak 23 orang siswa yang berasal dari siswa kelas IV SD Negeri 101875 Batang Kuis pada tahun ajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran PKn berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok sistem pemerintahan tingkat pusat. Dimana pada saat pretest ketuntasan belajar dari 23 orang siswa hanya 4 orang siswa yang tuntas hasil belajarnya dengan persentase 17% dan yang tidak tuntas 19 orang dengan persentase 83% dengan nilai rata-rata 47. Setelah melaksanakan siklus I dengan menggunakan model pembelajara word square ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 17 orang siswa dengan persentase 74 % dan yang tidak tuntas 6 orang siswa dengan persentase 26% dengan nilai rata-rata 74. Perolehan dari hasil siklus I perlu ditindak lanjuti pada siklus II, sehingga secara signifikan hasil belajar siklus II pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat dengan menggunakan model pembelajaran Word Square meningkat menjadi 23 orang yang tuntas hasil belajarnya dengan persentase 100% dengan nilai rata-rata 81,71. Dengan persentase hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 26%.Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101875 Batang Kuis pada pelajaran PKn dalam materi sistem pemerintahan pusat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Tan m |
Keywords: | Belajar; Hasil belajar; Model; Pembelajaran; Word squart; Model pembelajaran; PKN; Lembaga pemerintahan; MPR; DPR; DPD; Presiden. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7324 |