Maryam, Siti (2013) PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 01 BLANGJERANGO-GAYO LUES TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109099036 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109099036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
109099036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
109099036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
109099036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
109099036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
109099036 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
109099036 BAB I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
109099036 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109099036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture pada materi budaya Indonesia yang dipentaskan diluar negeri pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 01 Blangjerango-Gayo Lues tahun ajaran 2012/2013.Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Picure And Picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi budaya Indonesia yang dipentaskan diluar negeri pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 01 Blangjerango-Gayo Lues tahun ajaran 2012/2013 ?Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 13 0rang siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi.Penggunaan Model Picture And Picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa mulai dari persentase pada siklus I pertemuan 1 (37,18%), dilanjutkan siklus I pertemuan 2 (46,25%) dan berlanjut kepada siklus II pertemuan 1 (73,64%) terakhir dilakukan siklus II pertemuan 2 (90,93%).Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat menerapkan model pembelajaran Picture And Picture dalam pembelajaran PKn dengan baik pada siklus II guru (peneliti) dapat menerapkan model Picture And Picture dengan sangat baik. Pada siklus I aktivitas siswa digolongkan pada kategori tidak aktif, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa meningkat dalam kategori aktif.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Picture And Picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 01 Blangjerango-Gayo Lues Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372 832 / Mar / p |
Keywords: | AKTIVITAS BELAJAR MODEL ; PEMBELAJARAN ; PICTURI AND PECTURI ; PENDIDIKAN KEWARGANEGARAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7311 |