Marlina, Leni (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 106161 LAUT DENDANG T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311051 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
109311051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
109311051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
109311051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
109311051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
109311051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
109311051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
109311051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
109311051 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
109311051 BAB I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
109311051 BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
109311051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajarsiswa pada pembelajaran PKn materi pokok Pengaruh Globalisasi hal itu dapatdiketahui dari rendahnya hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal yangdiberikan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada matapelajaran PKn materi pokok Pengaruh Globalisasi di kelas IV SD Negeri 106161Laut Dendang Tahun Ajaran 2012/2013.Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah adapeningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran talkingstick pada pembelajaran PKn materi pokok Pengaruh Globalisasi di kelas IV SDNegeri 106161 Laut Dendang Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahapyaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitiantindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 34 orang siswa yangterdiri dari 22 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Alat pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatifberupa test dan data kualitatif berupa observasi.Dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dapatmeningkatkan hasil belajar siswa dari mulai pre test hingga pada post test siklusII. Pada test awal (pre test) yang dilakukan sebelum post test siklus I, ada 5 orangsiswa atau 14,70% yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dan 29 orangsiswa atau 85,29% yang tidak tuntas dalam belajar, dengan rata-rata nilai 51,47.Ketuntasan belajar pada post test siklus I mencapai 15 orang siswa atau 44,11%yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dan 19 orang siswa atau 55,88%yang tidak tuntas dalam belajar, dengan rata-rata nilai 65,88. Dan ketuntasanbelajar siswa pada post test siklus II mencapai 31 orang siswa atau 91,17% yangberhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dan 3 orang siswa atau 8,82% yang tidak tuntas dalam belajar, dengan rata-rata nilai 84,70. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri106161 Laut Dendang Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Mar m |
Keywords: | Belajar; Hasil belajar; Talking stick; Model Pembelajaran; Globalisasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7310 |