Prayogi, Mardi (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 067951 P. MANDALA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111037 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109111037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
109111037 KATA PENGHANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
109111037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109111037 DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
109111037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
109111037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109111037 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109111037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
109111037 BAB I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
109111037 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
109111037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa kelas IV SD Negeri 067951 P. Mandala Medan pada mata pelajaran IPS materi pokok koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran word square dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran word square pada mata pelajaran IPS materi koperasi di kelas IV SD Negeri 067951 P. Mandala Medan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran word square dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa materi pokok koperasi pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 067951 P. Mandala Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 18 orang siswa kelas IV SD Negeri 067951 P. Mandala Medan pada tahun ajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran IPS berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilihat dari beberapa persen tingkat keberhasilan yang dicapai dan perubahan aktivitas belajar siswa saat proses pembelajaran.Berdasarkan analisis data siklus I terdapat 5 orang siswa (27,77%) yang tergolong aktivitasnya rendah, 10 orang siswa (55,55%) yang tergolong aktivitasnya cukup/sedang, dan 3 orang siswa (16,66%) yang tergolong aktivitasnya tinggi . Dengan tingkat keberhasilan aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pertemuan kedua siklus I 38,88% yang tergolong masih sangat rendah. Setelah dilakukan siklus II diperoleh data terdapat 5 orang siswa (27,77%) yang tergolong aktivitas belajar sangat tinggi, 8 orang siswa (44,44%) yang tergolong tinggi, 4 orang siswa (27,77%) yang tergolong sedang, dan 1 orang siswa (5,55%) yang tergolong rendah, dengan tingkat keberhasilan aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pertemuan kedua siklus II 83,33%. Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran word square dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas IV SD Negeri 067951 P. Mandala Medan pada mata pelajaran IPS materi pokok koperasi. Sehingga disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran word square dalam menyampaikan materi pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Pra p |
Keywords: | Aktivitas belajar; Hakekat; Model; Pembelajaran; Word square; IPS. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7305 |