MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SDN 102005 DURIAN TINGGUNG TAHUN AJARAN 2012/2013

Purba, Eli Putra (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SDN 102005 DURIAN TINGGUNG TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 071211920560 COVER.pdf]
Preview
Text
071211920560 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 071211920560 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
071211920560 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 071211920560 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
071211920560 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 071211920560 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
071211920560 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 071211920560 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
071211920560 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 071211920560 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
071211920560 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 071211920560 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
071211920560 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 071211920560 DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
071211920560 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 071211920560 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
071211920560 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 071211920560 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
071211920560 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 071211920560 BAB I.pdf]
Preview
Text
071211920560 BAB I.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 071211920560 BAB V.pdf]
Preview
Text
071211920560 BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 071211920560 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
071211920560 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu “Apakah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Persiapan Kemerdekaan dan Perumusan Dasar Negara Republik Indonesia Di Kelas V SDN 102005 Durian Tinggung Pada T.A 2012/2013. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Persiapan Kemerdekaan dan Perumusan Dasar Negara Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) Di Kelas V SDN 102005 Durian Tinggung T.A 2012 / 2013. Jenis pelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode team game tournament (TGT) sebagai sasaran utama. Dimana penelitian ini memaparkan penggunaan metode team game tournament (TGT) dalam pembelajaran IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SDN 102005 Durian Tinggung T.A 2012 / 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 19 yang diantaranya 9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan di SDN 102005 Durian Tinggung T.A 2011 / 2012. Penetapan kelas ini diambil berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan saran dari kepala sekolah. Objek formal materi Persiapan Kemerdekaan dan Perumusan Dasar Negara dengan menggunakan metode team game tournament (TGT). Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan belajar.Hasil penelitian pada pree tes 8 orang siswa termotivasi dengan persentase yaitu 42,1 %, dan 11 orang siswa dari 19 orang siswa orang siswa yang belum termotivasi dengan persentase yaitu 57,9 % dengan rata-rata nilai 60,5, pada post tes siklus I mencapai 13 orang siswa yang telah berhasil dengan nilai 68,4 % dan 6 orang siswa yang belum termotivasi dengan nilai 51,6 % dengan rata-rata nilai kelas sebesar 68,9, dan pada postes siklus II mencapai 17 orang siswa yang telah termotivasi dengan nilai 89,5 % dan 2 orang siswa yang belum termotivasi dengan nilai 10,5 % dengan rata-rata nilai kelas sebesar 87,4.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan metode team game tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 102005 Durian Tinggung T.A 2012 / 2013. Disarankan kepada guru-guru agar menggunakan metode permainan team game tournament sebagai alternative untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.83 Pur m
Keywords: Hakikat; Motivasi belajar; Pembelajaran; Kooperatif; TGT; IPS; Persiapan kemerdekaan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 08 Aug 2016 03:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7302

Actions (login required)

View Item
View Item