Nurjannah, Hayati (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO. 050656 STABAT T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109412003 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109412003 LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
109412003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
109412003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109412003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
109412003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
109412003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
109412003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
109412003 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
109412003 BAB I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
109412003 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
109412003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adanya pesertadidik yang pasif dalam pelajaran IPA, (2) Kurangnya variasi metode pembelajaranyang digunakan guru pada saat proses belajar mengajar, (3) Guru kurangmenggunakan media pembelajaran dalam menjelaskan materi pembelajaran, (4)Belum digunakannya metode Discovery di sekolah tersebut. Penelitian inibertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diterapkannyametode Discovery, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelahmenerapkan metode Discovery.Hasil belajar adalah kemampuan atau prestasi yang dicapai oleh siswasetelah menerima pengalaman belajar sehingga dapat membentuk keterampilanpengetahuan, ingatan, pemahaman dan aplikasi yang dapat ia pergunakan dalamkehidupan sehari-hari. Metode Discovery adalah suatu metode dimana dalamproses belajar mengajar guru memperkenankan siswa-siswanya menemukansendiri informasi yang ingin diketahuinya melalui pemahamannya sendiri.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No.050656Stabat Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 26 orang siswa. Penelitian inimenggunakan desain PTK yang dikemukakan oleh Kemmis & Mc Taggart terdiridari 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaantindakan, pengamatan, dan refleksi. Alat yang digunakan untuk pengumpulan dataadalah tes dan lembar observasi. Kriteria ketuntasan belajar didasarkan padaketuntasan secara individu dan secara klasikal dengan kriteria ketuntasan minimal70 bagi individu dan ketuntasan klasikal mencapai ≥ 80%.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas siswa pada saat tes awalsebelum diberikan tindakan sebesar 54,62 dan dinyatakan masih belum tuntasbelajar. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa pada sub pokok bahasanKelompok Benda Berdasarkan Asalnya adalah siswa masih bingung dalammelakukan metode Discovery (penemuan). Pada siklus I setelah diberikantindakan diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 65,77. Pada siklus II,nilai rata-rata kelas juga menigkat menjadi 86,54. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa penerapan metode Discovery dapat meningkatkan hasilbelajar siswa kelas IV SD Negeri No.050656 Stabat pada sub pokok bahasanKelompok Benda Berdasarkan Asalnya Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371 35 / Nur /m |
Keywords: | HASIL BELAJAR ; METODE ;DISCOVERY ; IPA |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7301 |