Haqqi, Aulia (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI SELF MANAGEMENT DENGAN STRATEGI BMB3 (BERFIKIR, MERASA, BERSIKAP,BERTINDAK DAN BERTANGGUNG JAWAB) BAGI MAHASISWA JURUSAN PGSD (PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR) SEMESTER II KELAS A EKSTENSI UNIMED T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109351004 JUDUL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
109351004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
109351004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
109351004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
109351004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
109351004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
109351004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109351004 BAB I.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
109351004 BAB V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
109351004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Dari judul di atas maka penulis mengambil rumusan masalah sebagai berikut“Apakah melalui self management dengan strategi BMB3 akan meningkatkanaktivitas belajar bagi mahasiswa jurusan PGSD semester II kelas A ekstensi tahunajaran 2012 / 2013?”. Data AUMPTSDL (alat ungkap masalah pribadi,keterampilan, sosial dan lingkungan emosional) menunjukkan bahwa 40mahasiswa mengalami masalah keterampilan belajar dan 10 orang diantaranyayang mengalami masalah yaitu masalah aktivitas dalam belajar.Tujuan dari penelitian ini adalah : “Meningkatkan aktivitas belajar melaluiself management dengan strategi BMB3 Bagi Mahasiswa Jurusan PGSD SemesterII kelas A ekstensi UNIMED Tahun Ajaran 2012/2013”. Penelitian ini diadakandengan 2 siklus, dimana pada siklus 1 diadakan 2 kali pertemuan dan siklus 2 ada2 kali pertemuan dengan menggunakan layanan konten dengan strategi BMB3.Hasil penelitian menunjukkan dalam meningkatkan aktivitas belajar melaluiself management dengan layanan konten strategi BMB3 ini diproleh data awalyang menunjukkan bahwa mahasiswa dalam kategori tahap berfikir dan merasahasilnya masih “ kurang baik ”, dan hasil siklus 1 pertemuan II (100% mahasiswamengalami peningkatan aktivitas belajar dari tahap “Kurang Baik” sampai padakategori “Cukup Baik). Maka peneliti mampu melanjutkan pada siklus II, Hasilpada pertemuan ke empat menunjukkan aktivitas belajar mahasiswa 90 % dalamtahap penilaian “ baik”. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat melalui lembarlaiseg, laijapen, dan lembar observasi BMB3. Mahasiswa sudah mampu berfikir,merasa, bersikap dan bertindak. Maka dari hasil penelitian terdapat aktivitasbelajar melalui self management dengan layanan konten strategi BMB3 padamahasiswa jurusan PGSD semester II kelas A ekstensi UNIMED Tahun Ajaran2012/2013. Dapat diterima dengan baik.Dengan demikian peneliti menyarankan untuk melaksanakan penelitianselanjutnya, peneliti mengawali penelitian dengan tes AUMPTSDL untukmempermudah penelitian, peneliti juga harus mendiskusikan dengan pihak yangterlibat dengan subjek penelitian agar mendapat waktu dan tempat yang khususagar hasil penelitian lebih optimal. Peneliti juga kelak harus mempertimbangkan jumlah subjek penelitian, agar lebih efisien sebaiknya mengambil subjek penelitian 7 orang mahasiswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.42 Haq m |
Keywords: | Aktivitas belajar; Self manajemen; Teori konseling belajar; Layanan konten; Deskripsi umum; Operasional layanan. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7293 |