Lestari, Sumi (2013) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI PADA SISWA SMK S TRI KARYA MEDAN SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.
109151062 cover.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
109151062 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
109151062 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
109151062 abstrak.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109151062 daftar isi.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
109151062 daftar tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109151062 daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
109151062 BAB I.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
109151062 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109151062 daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah adapengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadapkemampuan mengelola emosi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkankemampuan siswa dalam mengelola emosi melalui layanan bimbingan kelompokdengan teknik role playing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimendengan desain penelitian pretest-posttest control group desain. Subjek dalampenelitian adalah siswa kelas XI SMK S Tri Karya Medan Sunggal tahun ajaran2012-2013 berjumlah 12 orang. Penentuan subjek penelitian dilakukan denganpurpossive sampling. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatankemampuan mengelola emosi siswa dikumpulkan melalui angket mengelolaemosi dan lembar observasi yang diisi selama kegiatan. Data antara kelompokeksperimen dan kelompok kontrol dianalisis dengan menggunakan uji perbedaanMann Whitney U. Skor Pretest kedua kelompok menunjukkan kelompokeksperimen lebih rendah dari kelompok kontrol yaitu 11.50 < 13.50. Hasilpenelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan skor posttest kelompokeksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 18.50 > 6.50. Dari hasillembar observasi menunjukkan rata-rata akhir 23.3 dengan keteranganmeningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok denganteknik role playing dapat meningkatkan kemampuan mengelola emosi siswa kelasXI SMK S Tri Karya Medan Sunggal Tahun Ajaran 2012-2013. Danmembuktikan hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371 404 7 / Les/P |
Keywords: | KEMAMPUAN ; MENGOLA EMOSI ;KRATISTIK; EMOSI REMAJA ; TEKNIK RAK PLAYING |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7289 |