Setiawati, Dini (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS IV MIS BIDAYATUL HIDAYAH-2 BANDAR KHALIFAH KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311009 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
1104311009 LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
1104311009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
1104311009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
1104311009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
1104311009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1104311009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1104311009 BAB I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
1104311009 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
1104311009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatis tipe STAD di kelas IV MIS Bidayatul Hidayah-2 Kecamatan Percut Sei Tuan T.A. 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar IPA siswa kelas IV MIS Bidayatul Hidayah-2.Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Bidayatul Hidayah-2 tahun ajaran 2012 / 2013 yang berjumlah 36 orang. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV MIS Bidayatul Hidayah-2.Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing – masing siklus terdiri atas 2 pertemuan belajar.Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan aktivitas belajar IPA siswa dari lembar kondisi awal, lembar observasi siklus I dan observasi siklus II. Dari hasil observasi diperoleh persentase aktivitas siswa Untuk skor rata-rata aktivitas belajar siswa yang dilihat dari jumlah siswa pada kondisi awal sebesar 57,36% kemudian pada siklus I skor rata – rata aktivitas belajar siswa sebesar 70,48% dan pada siklus II menjadi 99,65%. Kemudian untuk skor rata-rata aktivitas belajar siswa yang dilihat dari indikator aktivitas pembelajaran pada kondisi awal sebesar 30,89% kemudian pada siklus I skor rata – rata aktivitas belajar siswa sebesar 69,52% dan pada siklus II menjadi 91,49%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan Menggunakan Model STAD Pada Siswa Kelas IV MIS Bidayatul Hidayah-2 Bandar Khalifah Kecamatan Percut Sei Tuan T.A. 2012/2013 aktivitas belajar siswa meningkat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sit m |
Keywords: | Aktivitas belajar; Pembelajaran; IPA; Pembelajaran; Kooperatif; STAD. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7273 |