Harahap, Maya Masithah (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 106836 TANJUNG MORAWATAHUN AJARAN 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111041 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
109111041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
109111041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
109111041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
109111041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
109111041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
109111041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
109111041 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
109111041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
109111041 BAB I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
109111041 BAB V.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
109111041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang memahami penjelasan yang disampaikan oleh guru, sulit untuk mengingat kembali materi pelajaran yang telah dipelajari, serta dalam mengajar guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang memberikan variasi strategi mengajar selama proses pembelajaran. Guru hanya menekankan kemampuan siswa untuk menghapal tanpa tahu apakah siswa itu mengerti atau tidak dengan apa yang dihapal, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa secara klasikal dalam mata pelajaran IPA pada pre-tes yaitu dari 27 orang siswa hanya 12 orang siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM yaitu 44,44% dan 15 orang siswa yang belum mencapai nilai standard KKM yaitu 55,56%. Untuk itu perlu dilakukan penelitian pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar PQ4R.Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 106836 Tg.Morawa dengan menerapkan strategi belajar PQ4R. Strategi PQ4R merupakan salah satu bagian dari strategi elaborasi. Strategi ini digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca, mereka pelajari, serta dapat membantu proses pembelajaran di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca buku. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Negeri 106836 Tg.Morawa tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 27 orang.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali pos tes. siklus II juga dilaksanakan dua kali pertemuan dan satu kali pos tes. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan pos tes pada akhir siklus. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum ada tindakan dikategorikan rendah dengan persentase hasil belajar klasikal 44,44% pada pre tes. Pos tes siklus I persentase hasil belajar klasikal 62,96%, sedangkan pada pos tes siklus II persentase hasil belajar klasikal mencapai 92,59%. Lembar observasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung di kelas V B SD Negeri 106836 Tg.Morawa. Rata-rata aktivitas guru siklus I 76,79% dan siklus II 92,85%. Selanjutnya sebelum menggunakan strategi belajar PQ4R aktivitas siswa 45,83%. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan strategi PQ4R pada siklus I 53,71% dan siklus II 88,89% dengan kategori Sangat PartisipatifDari penjelasan tersebut, menunjukkan bahwa melalui penggunaan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V B SD Negeri 106836 Tg.Morawa Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Har m |
Keywords: | Belajar; Hasil belajar; Strategi pembelajaran; PQ4R; Cahaya. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 06:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7272 |