Sibarani, Rona Uly Martetty (2013) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 106178 DESA BARU KECAMATAN BATANG KUIS 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111056 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
109111056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
109111056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (0B)
109111056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
109111056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109111056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
109111056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
109111056 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
109111056 BAB I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
109111056 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
109111056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109111056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Pola asuh orang tua merupakan faktor penting yang berhubungan dengan tingkat kedisiplinan siswa, dari latar belakang keluarga yang berbeda akan membentuk pola asuh orang tua yang berbeda-beda dan diprediksikan dari pola asuh orang tua yang berbeda-beda itu membentuk tingkat kedisiplinan yang berbeda juga terhadap siswa. Di SD Negeri 106178 Desa Baru Kecamatan Batang Kuis belum pernah diadakan penelitian tentang hubungan pola asuh orang tua dikaitkan dengan tingkat kedisiplinan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kedisiplinan siswa.Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu pola asuh orang tua dimana teori ini dikemukakan oleh Baumrind (Ega:2010) dan di dalam teori tersebut terdapat empat jenis pola asuh orang tua yaitu: 1) pola asuh demokratis, 2) pola asuh otoriter, 3) pola asuh pemanjaan, 4) pola asuh penelantar. Variabel ke dua yaitu kedisiplinan (y) yang merupakan teori dari Hurlock (Nurbaeti:2010) yang menyatakan bahwasannya terdapat unsur-unsur penting dalam disiplin, diantaranya: 1) peraturan, 2) etika, 3) konsistensi waktu.Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 106178 Desa Baru Kecamatan Batang Kuis seluruhnya berjumlah 34 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu 34 orang. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan angket yaitu angket pola asuh orang tua (X) dan angket tingkat kedisiplinan siswa (Y). Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi Product Moment dan uji-t.Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan pola asuh orang tua cenderung tergolong baik dengan rata-rata skor sebesar 53,35 dan data tingkat kedisiplinan siswa juga cenderung tergolong baik dengan rata-rata skor sebesar 49,74. Hasil perhitungan korelasi di peroleh nilai rxy = 0,513 > rtabel = 0,339 dan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,382 > ttabel = 1,696. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan tingkat kedisiplinan siswa kelas V di SD Negeri 106178 Desa Baru Kecamatan Batang Kuis 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.5 Sib h |
Keywords: | Pola asuh; orang tua; Kedisiplinan; Keluarga; Anak. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7267 |