Sari, Derita (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DI KELAS IV SDN 106836 TANJUNG MORAWA TP. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311013 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
109311013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109311013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
109311013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109311013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
109311013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
109311013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109311013 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109311013 BAB I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
109311013 BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
109311013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 106836 Tanjung Morawa pada mata pelajaranIPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training dapat meningkatkan motivasi belajar pada kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam di kelas IV SD 106836 Tanjung Morawa TP. 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembahasan mengenai kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam dikelas IV SDN 106836 Tanjung Morawa TP. 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 106836 Tanjumng Morawa sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 19 orang siswa perempuan dan 11orang siswa lak- laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan menguraikan persentase- persentase pada setiap siklus. Berdasarkan analisis data, pada diperoleh hasil angket. Pada siklus I dan pertemuan I hanya 7 siswa yang termotivasi (23%), dan 23 siswa yang belom termotivasi 23 siswa (76%). Pada siklus I pertemuan II sebanyak 16 siswa (53%) termotivasi dan sebanyak 12 siswa (40%) yang cukup termotivasi 2 siswa (6%). Pada siklus II pertemuan I sebanyak 21 siswa (70%) memiliki motivasi yang baik dan 1 siswa (3%) sangat termotivasi dan 20 siswa (66%) telah termotivasi selebihnya 9 siswa (26%) yang cukup termotivasi. Pada siklus II pertemuan II 28 siswa (93%) termotivasi signifikan 85% yang terdiri dari 25 (83%) termotivasi dan 3 orang (10%) yang termotivasi 75-84% dan hanya 2 orang siswa (6%). Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian maka penggunaan model pembelajaran inquiry training dapat meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran IPS di kelas IV SDN 106836 Tanjung Morawa T.A 2012/ 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sar m |
Keywords: | Motivasi; Belajar; Model; Pembelajaran; Inquiry Training |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7252 |