Sinaga, D. Yuliana (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PELAJARAN IPS MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 060830 KECAMATAN MEDAN PETISAH T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311012 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109311012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
109311012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
109311012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
109311012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
109311012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109311012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109311012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109311012 BAB I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
109311012 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109311012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas V SD NEGERI 060830 Kecamatan Medan Petisah Medan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPS materi pokok proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan metode Student Team Achievement Division (STAD). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Dengan menggunakan metode Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa materi pokok Proklamasi kermerdekaan Indonesia di SD NEGERI 060830 Kecamatan Medan Petisah Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD NEGERI 060830 Kecamatan Medan Petisah dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian ini dilakukan untuk bidang studi IPS tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia alat yang dilakukan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi. Hasil lembar observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa.Dari lembar observasi dimana peroleh data peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I sebanyak 4 orang siswa (16%) yang termotivasi dan ada 21 orang siswa (84%) yang belum termotivasi, dan pada siklus I pertemuan II terdapat 10 orang siswa (40%) yang termotivasi dan ada 15 orang siswa (60%) yang belum termotivasi). dapat dikatakan peneliti pada siklus I belum berhasil. maka peneliti kembali melakukan penelitian pada siklus II dengan memperbaiki cara mengajar. setelah peneliti melakukan siklus II pertemuan I, diperoleh data peningkatan motivasi belajar siswa sebanyak 19 orang siswa (76%) yang termotivasi dan 6 orang siswa yang belum termotivasi (24%), dan pada siklus II pertemuan II terdapat 23 orang siswa (92%) yang termotivasi dan ada 2 orang siswa (8%) yang belum termotivasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model student team achievement division(STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa materi pokok proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 060830 Kecamatan Medan Petisah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sin m |
Keywords: | Motivasi; Belajar; Model; Pembelajaran; Kooperatif; STAD; IPS; Proklamasi; Kemerdekaan Indonesia |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7251 |