Siregar, Seri Wahyuni (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GEMERINCING KANCING PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH KELAS V SDN 101868 BATANG KUIS T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311096 COVER.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
109311096 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
109311096 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
109311096 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
109311096 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
109311096 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109311096 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109311096 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
109311096 BAB I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
109311096 BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
109311096 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
109311096 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1018168 Batang Kuis, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe gemerincing kancing sebagai sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe gemerincing kancing, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SDN 101868 Batang Kuis dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe gemerincing kancing dengan yang ti dak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe gemerincing kancing pada pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajah di SDN 101868 Batang Kuis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe gemerincing kancing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perjuangan melawan penjajah di kelas V SDN 101868 Batang kuis. Jumlah Subjek Penelitian sebanyak 27 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V pada tahun ajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran IPS berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan. Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu tidak ada siswa (0%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 40. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe gemerincing kancing diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 16 orang siswa (59%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 67. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe gemerincing kancing diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 26 orang siswa (96%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 82,2. Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran koopertaif tipe gemerincing kancing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 101868 Batang Kuis pada pelajaran IPS pada pokok bahasan perjuangan melawan penjajah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sir m |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Kooperatif; Gemerincing Kancing; IPS; Perjuangan Melawan Penjajahan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 06:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7245 |