Nuridha, Yanti (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 163085 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113111054 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1113111054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
1113111054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
1113111054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1113111054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1113111054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1113111054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1113111054 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1113111054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1113111054 BAB I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
1113111054 BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1113111054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berangkat dari rumusan masalah yaitu apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya di kelas IV SD Negeri 163085 Tebing Tinggi. Sehingga perlu dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran IPS di sekolah dasar sebagai respon rendahnya hasil belajar dalam mata pelajaran IPS pada materi pokok perkembangan teknologi komunikasi.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran teams games tournament (TGT) pada materi pokok perkembangan teknologi komunikasi. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 163085 Tebing Tinggi Tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 38 orang.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali post-test. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah post-test pada akhir siklus, lembar observasi siswa, dan lembar observasi guru. Hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan sangat rendah dengan persentase hasil belajar klasikal adalah 18,7% pada pre test. Post-test siklus I dikategorikan sedang dengan persentase sebesar 42,1% sedangkan pada post-test siklus II sebesar 89,5 dengan kategori sangat tinggi. Rata-rata hasil observasi siswa aspek afektif dan psikomotor pada siklus I sebesar 36,85% dengan kategori tidak partisipatif dan pada siklus II sebesar 86,5% dengan kategori sangat partisipatif. Rata – rata hasil observasi guru siklus I sebesar 80,35% dengan kategori partisipatif dan pada siklus II rata-rata hasil observasi guru sebesar 92% dengan kategori sangat partisipatif.Dari penjelasan tersebut,menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran teams games tournament (TGT)dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 163085 Tebing Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Yan p |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran Kooperatif;TGT; IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7238 |