Harahap, Sasmita Sari (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI SD NEGERI 060874 KEC.MEDAN PERJUANGAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113311044 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
1113311044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
1113311044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
1113311044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
1113311044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
1113311044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1113311044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1113311044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1113311044 BAB I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
1113311044 BAB V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
1113311044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan menulis surat resmi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar dalam keterampilan menulis khususnya pada materi surat resmi di kelas VI SD Negeri 060874 Medan Perjuangan yang berjumlah 30 orang siswa.Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti memberikan pretes untuk mengetahui letak kesulitan pada mata pelajaran bahasa indonesia, kemudian di akhir siklus I dan siklus II diberikan postes I dan II. Adapun tahapan penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah: observasi dan tes uraian mengetahui peningkatan pembelajaran guru maupun siswa dalam setiap siklus.Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes sebelum digunakan pendekatan pembelajaran adalah sebesar 46,33 secara klasikal hanya 3 orang siswa yang tuntas atau sebesar 10% selebihnya belum tuntas. Rata-rata hasil belajar siswa pada postes siklus I setelah diberikan pendekatan pembelajaran konstruktivisme adalah 17 orang siswa yang tuntas atau sebesar 56,67%. Rata-rata hasil belajar siswa pada postes siklus II sebesar 77,16 secara klasikal dinyatakan bahwa 25 orang siswa atau sebesar 83,33% telah tuntas.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis khususnya pada materi surat resmi di kelas VI SD Negeri 060874 Medan Perjuangan. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Agar guru diharapkan melakukan pengajaran dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme sebagai alternatif dalam kegiatan pembelajaran. Bagi pihak sekolah agar kiranya dapat menambah pengadaan sarana dan prasarana pelajaran. Bagi peneliti berikutnya jika ingin melakukan jenis penelitian yang sama sebaiknya dilaksanakan lebih dari satu siklus, agar tercapai hasil belajar yang lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.62 har p |
Keywords: | Keterampilan Menulis; Pembelajaran Konstruktivisme; Surat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7232 |