Gerneng, Hefdiana Jemma Br. (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI BELAJAR PQ4R DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI NO 106824 BESAMAT KECAMATAN STM HILIR T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311022 Judul.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
1104311022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
1104311022 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
1104311022 Abstrak.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
1104311022 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
1104311022 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1104311022 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311022 Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
1104311022 Bab I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
1104311022 Bab V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
1104311022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1104311022 Daftar Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
“Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Belajar PQ4R Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 106824 Besamat Kecamatan STM Hilir T.A 2012/2013”.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Di mana penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kompetensi dasar membaca menemukan ide pokok paragraf dengan menggunakan Strategi Belajar PQ4R Kelas IV SD Negeri 106824 Besamat Kecamatan STM Hilir Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 106824 Besamat sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan berupa soal essay tes dengan 20 butir soal. Soal yang diberikan 3 kali yaitu: tes awal, siklus I, dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Di mana nilai standar ketuntuntasan belajar adalah 65 apabila nilai siswa kurang dari 65, maka siswa dikatakan belum tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan pada saat dilakukan tes awal dari 30 orang siswa diperoleh 6 orang siswa (20%) yang mendapat nilai tuntas sedangkan 24 orang siswa (80%) yang belum mendapat nilai tuntas, selanjutnya pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar naik menjadi 18 orang siswa (60%) yang mendapat nilai tuntas sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas belajar semakin menurun yaitu 12 orang siswa (40%), pada siklus selanjutnya yaitu siklus II ketuntasan hasil belajar semakin meningkat yaitu dari 30 orang siswa sebanyak 26 orang siswa atau sekitar 86,66% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 4 orang siswa atau sekitar 13,33% yang belum mendapat nilai tuntas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi menemukan ide pokok paragraf.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Strategi Belajar PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV siswa SD Negeri 106824 Besamat Kecamatan STM Hilir. Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan stategi atau model pembelajaran yang bervariasi agar siswa lebih bersemangat dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Ger m |
Keywords: | Belajar; Hasil; Faktor-faktor; Strategi; Belajar PQ4R; Pembelajaran Bahasa Indonesia; Materi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7225 |